Cara Merawat Pakaian Berbahan Rayon Yang Tepat

Cara merawat pakaian yang terbuat dari bahan rayon tidaklah mudah karena rayon adalah kain yang dibuat dari bahan selulosa murni, biasanya berasal dari bubur kayu. Karena dibuat dari hasil olahan produk alami, rayon sering disebut sebagai serat semi sintetik. Ada beberapa tipe rayon seperti viscose, modal, dan lyocell. Untuk menjaga bentuk dan kualitas pakaian rayon, gunakan beberapa tips berikut ini ya.

Cara Merawat Pakaian Yang Baik Dan Benar

Ikuti Petunjuk Pencucian

Rayon bukan kain yang stabil, sehingga mudah mengecil dan merenggang. Mencuci dengan air hangat menggunakan tangan atau dry clean direkomendasikan untuk hasil terbaik. Jangan peras atau memutar kain karena dapat membuatnya berubah bentuk.
Cara terbaik untuk mengeringkannya adalah meletakkannya di tempat yag datar beralas kain handuk bersih. Gunakan bantuan gantungan baju empuk untuk menjaga bentuk dan menjauhkan dari kusut.

Hindari Penggunaan Pemutih

Serat rayon dapat dilemahkan oleh penggunaan pemutih klorin. Jangan menuangkan pemutih langsung ke atas pakaian yang terkena noda. Tapi encerkan terlebih dahulu, sesuai dengan petunjuk pemakaian, agar lebih aman digunakan untuk menghilangkan noda dan memutihkan. Walaupun demikian, batasi penggunaannya ya. pemakaian pemutih yang terlalu sering dapat menyebabkan aus dan kainnya mudah robek.

Penyetrikaan

Merawat pakaian berbahan rayon memang gampang-gampang susah. Banyak jenis kain rayon yang berkerut berlebihan saat dicuci, sehingga memerlukan proses penyetrikaan. Sebelumnya, atur pada suhu rendah, karena suhu yang terlalu tinggi dapat membuat serat selulosanya hangus. Hal in ditunjukkan oleh adanya noda menguning yang dapat terjadi jika serat mulai membara.
Untuk memudahkan proses penyetrikaan, tuangkan Molto All-in-1 sekali bilas. Kandungan pelembut pakaian di dalamnya bikin pakaian tidak mudah kusut dan berkerut.

Semoga tips yang sudah diberikan dapat segera dimanfaatkan ya, Ladies!

TOP