Pelukan Adalah Obat Penenang Bayi Paling Mujarab

Pelukan Memang Memiliki Khasiat Menenangkan Yang Luar Biasa. Kalau Pelukan Manjur Buat Orang Dewasa, Lalu Kenapa Tidak Buat Anak Kecil?

Keep baby clothes soft with fabric conditioner

 

Memberi si kecil iming-iming manisnya air gula ternyata cukup membantu meredakan rasa sakit yang harus mereka rasakan akibat tajamnya suntikan saat pemberian obat, pengambilan darah, atau imunisasi. Lalu, adakah cara yang lebih baik? Tentu saja ada.

Bersyukurlah karena cara ini sama sekali tidak mahal, gratis malah, plus bisa diberikan kapanpun. Pelukan. Ya, seperti yang kita ketahui bersama, pelukan memang memiliki khasiat menenangkan yang luar biasa. Kalau pelukan manjur buat orang dewasa, lalu kenapa tidak buat anak kecil?

Pemikiran ini semakin diperkuat oleh para peneliti asal Inggris yang percaya bahwa gula hanya bisa mengalihkan perhatian, sementara pelukan dapat bekerja lebih baik.

Studi yang dilakukan pada 59 bayi baru lahir ini mengambil sampel darah mereka pada bagian kaki untuk pemeriksaan akan ada tidaknya penyakit berbahaya. Sebagian dari bayi tersebut diberikan solusi gula sebelumnya, lainnya hanya air putih biasa. Memang wajah bayi yang diberi gula lebih cepat menunjukkan mimik santai, namun tes menunjukkan otak mereka tetap menunjukkan tingkat kesakitan yang sama, ungkap jurnal Lancet.

Dr Rebecca Slater, University College London, mengatakan,"Penemuan kami mengindikasikan bahwa sukrosa tidak efektif untuk meredakan rasa sakit. Hal ini penting untuk disimak karena bukti menyatakan rasa sakit bisa merugikan perkembangan sel saraf otak bayi". Penemuan yang ada menunjukkan perlunya 'pembunuh' rasa sakit yang lebih baik buat para bayi. Dan, pelukan adalah jawabannya. (vem/meg/lin)

TOP