Membuat Pakaian Hijab dan Mukena Lama Terasa Baru

Sebagai seorang muslimah, pakaian hijab dan mukena merupakan salah satu perlengkapan sholat yang sangat penting. Biasanya, saat Ramadan banyak sekali ragam mukena baru yang dijual. Rasanya Anda pasti ingin beli mukena-mukena tersebut untuk dipakai saat sholat Idul Fitri.

Tunggu dulu, sebelum menambah jumlah mukena, sebaiknya cek dulu apakah koleksi mukena Anda kondisinya masih cukup bagus untuk dikenakan? Jika iya, rasanya mukena baru belum begitu perlu. Rajin mencuci mukena dengan pewangi dan pelembut pakaian akan membuatnya tetap tampak baru.

Berikut adalah beberapa cara agar mukena Anda tetap awet:

  1. Untuk mukena yang setiap hari Anda gunakan, setelah selesai digunakan, sebaiknya digantung atau diangin-anginkan agar cepat kering kembali, khususnya di bagian kepala sehingga tidak meninggalkan bau lembab. 
  2. Usahakan untuk mencuci mukena setiap dua minggu sekali agar kebersihannya tetap terjaga dan ibadah pun tetap nyaman. 
  3. Bila terdapat noda bekas make-up di bagian kepala mukena, segera cuci dengan deterjen lembut dan kucek perlahan pada bagian yang kotor. Rendam dengan deterjen selama 10 menit.
  4. Saat akan mencuci, pisahkan mukena yang berwarna cerah dengan yang berwarna gelap. Untuk mukena berwarna putih, sebaiknya tidak dicampur dengan warna apa pun, sehingga menghindari tercampurnya warna dan menjadikannya kusam.
  5. Agar mukena menjadi lembut, setelah direndam dengan deterjen, jangan lupa gunakan pewangi dan pelembut pakaian pada bilasan terakhir. Anda dapat menggunakan Molto White Musk yang memiliki keharuman tahan lama.
  6. Ketika akan disetrika, pastikan mukena dalam keadaan benar-benar kering. Gunakan temperatur yang sesuai dengan bahan mukena Anda. Mukena bahan parasut sebaiknya tidak disetrika karena panas setrika dapat merusak bahan mukena.

Mukena dan pakaian hijab yang harum akan membuat pemakainya merasa nyaman dan tenang sehingga tidak menganggu konsentrasi saat beribadah. Yuk, jaga mukena kita agar selalu terlihat baru dan harum sehingga Anda pun siap menyambut Ramadan dengan hati damai. Selamat beribadah!

TOP