Cara Mencuci Gorden dengan Mesin Cuci

Gorden punya peran penting dalam rumah kita. Selain melindungi rumah dari panas dan debu, gorden juga menambah cantiknya tampilan rumah. Namun, kebersihan gorden sering terlupakan hingga berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Bisa dibayangkan kotornya gorden jika Anda tidak rajin mencucinya.

Supaya rumah semakin nyaman, bersih, wangi, dan higenis, ayo buat jadwal mencuci gorden ada dalam rutinitas bulanan Anda! Jangan takut ribet, berikut ini cara mencuci dengan mesin cuci dan dengan tangan yang bisa Anda coba untuk memuat gorden kembali bersih.


  1. Cara Mencuci dengan Mesin Cuci

    Tidak semua gorden dapat dicuci dengan mesin cuci. Jadi sebelum Anda mencucinya, sebaiknya periksa terlebih dahulu label yang terdapat pada gorden. Bahan yang sebaiknya dihindari dicuci dengan mesin adalah sutra, rayon, wol, atau bahan tipis dan halus lainnya. Selain itu, jauhkan juga gorden yang berumbai atau memiliki bordiran. Pastikan memilih proses pencucian yang paling lembut dan lambat, serta gunakanlah air dingin dan detergen lembut. Jangan lupa tambahkan pewangi dan pelembut agar gorden semakin lembut dan harum.

  2. Cara Mencuci dengan Tangan

    Sebelum dicuci, sebaiknya gorden direndam dalam air terlebih dahulu kurang lebih selama 2-3 jam, agar debu atau kotoran yang menempel dapat hilang. Setelah itu, kucek gorden secara perlahan dengan menggunakan deterjen lembut. Rendam gorden ke dalam air yang sudah dicampur dengan deterjen selama kurang lebih 30 menit. Kemudian bilas dan rendam kembali gorden dengan menggunakan pewangi dan pelembut.

Setelah selesai dicuci, agar tidak terdapat lipatan pada gorden, sebaiknya jemur dengan posisi digantungkan. Selain itu, sebaiknya gorden tidak dijemur di bawah sinar matahari langsung agar warnanya tetap terjaga dengan baik.

Jangan lupa gunakan pewangi dan pelembut dengan keharuman tahan lama, seperti Molto White Musk. Biarkan keharuman gorden memberikan ketenangan dan energi positif dalam rumah Anda. Sambut Ramadan yang damai dengan keharuman sepanjang hari. Selamat mencoba!

TOP