Yuk, Kenali Pubertas Putra-Putri Anda, Moms

Setiap anak pasti akan melalui masa pubertas. Ini merupakan salah satu tahap peralihan dari anak kecil menjadi dewasa. Momen ini bukanlah hal yang mudah dilalui sendiri oleh buah hati maupun orang tua. Dr. Adhiatma Gunawan dari MeetDoctor.com mengungkapkan bahwa perubahan yang terjadi pasti akan berbeda pada setiap orang. Simak ulasannya di sini yuk!

Pubertas pada anak perempuan

Anak perempuan mengalami pubertas jauh lebih cepat daripada laki-laki. Biasanya ditandai munculnya lekukan tubuh, membesarnya payudara dan berubahnya proporsi pinggul. Salah satu tanda yang paling jelas adalah buah hati mengalami siklus menstruasi. Jangan ragu menjelaskan padanya kenapa hal ini bisa terjadi. Berikan pemahaman secara singkat dan mudah dipahami bahwa ini disebabkan karena hormon estrogen mulai diproduksi dalam tubuh.

Pada masa inilah Anda juga harus rajin memberikan saran pada buah hati. Mulai dari bagaimana cara menghadapi masa menstruasi, cara bergaul yang benar, memilih pakaian yang sopan hingga tentang hubungan pertemanan.

Pubertas pada anak laki-laki

Anak laki-laki biasanya ditandai dengan mimpi basah yang juga diikuti perubahan pita suara. Bentuk dan tinggi tubuh juga dengan cepat mengalami peningkatan. Bukan hanya pada bentuk fisik, mereka juga mengalami perubahan psikis yang ditandai rasa ketertarikan pada lawan jenis.

Memang bukan hal mudah memberikan nasehat pada anak laki-laki. Jauh lebih efektif apabila pasangan Anda juga ikut serta. Sebab, mereka jauh lebih mendengarkan dan bisa ‘klik’ sesama pria, Moms.

TOP