Trik Jadi 'Entrepreneurial Mom'

Jika Anda memilih jalur entrepeneur sebagai ladang bisnis yang bisa membantu ekonomi keluarga, maka Anda harus memiliki trik agar menjadi ibu pengusaha yang sukses dalam karir dan rumah tangga.

Seorang pengusaha bukan hanya wanita karir, ia merupakan seseorang yang memulai dan berani mengambil resiko untuk bisnisnya sendiri. Menjadi bos untuk diri Anda sendiri adalah tantangan terbesar, jadi Anda harus fokus pada pekerjaan dan pandai dalam manajemen waktu.

Pikirkan berapa banyak pilihan untuk bisnis dan ambil peluang untuk merencanakannya. Yuk, kita pelajari bagaimana menjadi ‘entrepreneurial mom’ seperti yang dilansir dari laman Wikihow, berikut ini:

Miliki antusias untuk memulai bisnis sendiri

Anda melakukan pekerjaan karena Anda menyukainya. Untuk itulah mengapa orang yang berbisnis selalu memulai dari apa yang mereka sukai dan mengubahnya menjadi peluang emas yang menghasilkan uang.

Pandai teknologi

Umumnya, kaum hawa yang berbisnis juga perlu bantuan teknologi internet, baik dari gadget seperti laptop, ponsel pintar, bahkan mempromosikan jasa dan produk dengan website pribadi.

Tentukan tujuan bisnis

Jika Anda ingin mengasuh anak di rumah sambil berbisnis, mulailah untuk memikirkan ide bisnis yang akan dimulai dan tujuan apa yang ingin diraih. Komitmen pada suatu bisnis tidak boleh mengesampingkan peran Anda sebagai ibu yang penuh kasih sayang untuk anak-anak.

Ambil pengalaman sukses entrepeneur mom lainnya

Belajar kisah sukses dari para ibu pengusaha lainnya akan memberikan inspirasi sekaligus motivasi untuk Anda memacu semangat berbisnis. Silakan Anda bergabung dengan milis atau mengikuti blog-nlog bertema entrepeneur mom.

Kembangkan ide bisnis Anda

Setelah Anda sudah memiliki ide dari bisnis yang akan dijalankan, tibalah waktunya untuk mengembangkan. Sebagai contoh Anda bisa menjadi konsultan, stylist, copywriter, dan sebagainya.

Buat rencana

Buat rencana bisnis untuk jangka panjang dan juga jadwal untuk menyisihkan waktu bagi anak-anak. Apakah Anda memerlukan investasi bisnis di masa depan? Apapun rencana Anda, jangan lupa anak-anak juga membutuhkan perhatian dan kasih sayang Anda sebagai ibu.

Sebagian ibu yang berbisnis mencoba untuk mengembangkan lokasi bisnis tidak hanya di rumah tetapi di luar rumah yang jaraknya masih bisa dijangkau. Kondisi ini memungkinkan Anda untuk ‘menikmati sendiri rumah’ Anda dengan keluarga, tanpa perlu dibagi dengan tempat kerja yang ‘hectic’.

Pertimbangkan juga dari segi kenyamanan apabila memang lebih baik memilih lokasi di luar rumah untuk keluarga Anda.

TOP