Cara merawat ruam popok & penyakit alergi kulit pada anak bayi

Kulit bayi jauh lebih sensitif dibanding kulit orang dewasa. Oleh karena itu, bayi memerlukan perawatan ekstra untuk menghindari penyakit kulit pada anak. Namun, walaupun kita sudah merawat kulit bayi dengan benar, terkadang selalu saja ada masalah pada kulit si buah hati, misalnya ruam popok pada bayi atau alergi kulit pada bayi.

Tak perlu buru-buru membawa bayi ke dokter karena masalah pada kulit bayi bisa diredakan dengan perawatan khusus. Bagaimana cara merawat kulit yang terkena ruam popok, alergi, dan penyakit kulit pada anak?

Cara Tepat Memandikan Bayi

Penyakit kulit pada anak bisa timbul karena cara memandikan yang salah. Berikut cara tepat memandikan bayi agar si kecil terhindar dari masalah kulit.

  • Mandikan bayi dengan suhu air hangat-hangat kuku, yang berarti tidak terlalu dingin atau terlalu panas.
  • Makanan, air seni, tinja, dan segala jenis kotoran pada kulit bayi harus segera dibersihkan dengan lap yang dibasahi dengan air.
  • Jika bayi aktif bergerak, Anda bisa memandikannya tiga kali sehari pada pagi, siang, dan sore hari.
  • Sabun bayi yang tidak tepat bisa menimbulkan alergi pada kulit bayi. Pilih sabun dengan pH seimbang untuk kulit bayi, yakni 4,5-5. Sabun yang baik membuat kulit bayi memiliki kelembaban seimbang.
  • Bersihkan setiap sela-sela bagian tubuh bayi, seperti jari, belakang telinga, ketiak, selangkangan, bagian belakang siku, dan bagian belakang lutut.
  • Jangan lupa bersihkan alat kelamin bayi. Jika jenis kelaminnya perempuan, bersihkan alat kelamin dengan lap basah dengan arah dari depan ke belakang. Pada bayi laki-laki, bersihkan kulup alat kelamin dengan lap basah hingga lubang kecil terlihat.
  • Selalu bersihkan anus bayi setelah ia buang air besar. Anda bisa membersihkannya dengan lap basah atau tisu basah bebas alkohol.
  • Keringkan tubuh setelah mandi dengan handuk lembut sampai kulitnya benar-benar kering.

Tips Memilih Popok Bayi

Anda bisa dengan mudah menjumpai berbagai merek popok bayi. Namun, tidak semua bayi cocok di kulit buah hati Anda. Alih-alih nyaman di kulitnya, popok bayi bisa menimbulkan ruam popok pada bayi. Berikut adalah tips memilih popok bayi yang aman.

  • Usahakan untuk memilih popok bertekstur lembut dengan daya serap tinggi. Jika popok tidak bisa menyerap cairan dengan baik, pertumbuhan bakteri di kulit akan meningkat sehingga menimbulkan ruam popok pada bayi.
  • Hindari memilih popok yang terlalu ketat karena bisa menimbulkan iritasi pada kulit si kecil.
  • Segera ganti popok ketika si bayi buang air kecil atau besar. Kotoran yang dibiarkan menempel pada kulitnya bisa menyebabkan ruam popok.

Alergi pada kulit bayi bisa juga disebabkan pemilihan produk perawatan kulit bayi yang terlalu keras. Jika hal ini terjadi, segera ganti produk tersebut dengan produk yang lebih lembut. Pastikan Anda menggunakan deterjen dan pelembut pakaian khusus untuk bayi, seperti Molto Pure yang sudah teruji secara dermatologis sesuai untuk kulit bayi dan anak-anak. Jika alergi tersebut disebabkan makanan tertentu, Anda harus segera mengonsultasikannya ke dokter.

TOP