Cara Mudah Menghilangkan Bau Apek pada Baju yang Lama Disimpan

Pernahkah Anda memiliki pengalaman ketika hendak mengenakan baju bersih dari lemari, ternyata baju tersebut malah bau apek? Bau pada pakaian bisa disebabkan pakaian yang tidak kering sempurna, proses pencucian pakaian kurang bersih, dan cara penyimpanan yang tidak tepat.

Anda tak perlu khawatir karena selalu ada cara menghilangkan bau apek pada baju. Yuk, simak cara menghilangkan bau apek pada pakaian serta tips mencegah bau apek tersebut datang kembali. Coba cuci kembali pakaian dengan deterjen dan pewangi pakaian.

  1. Bacalah label petunjuk perawatan baju yang biasa terdapat pada bagian dalam pakaian. Label tersebut akan menunjukkan cara merawat pakaian dengan tepat, misalnya tidak diperkenankan untuk menggunakan pemutih atau air panas saat mencuci.
  2. Rendam pakaian dalam campuran air dan deterjen cair selama 15 menit. Usahakan tidak melebihi batas waktu ini agar bau pakaian tidak semakin apek.
  3. Cuci pakaian dengan deterjen. Anda bisa menggunakan mesin cuci atau dengan tangan. Perhatikan kembali label petunjuk perawatan baju, apakah pakaian ini bisa dicuci dengan mesin cuci atau tidak.
  4. Bilas hingga bersih, lalu rendam pakaian di dalam air yang sudah dicampur dengan pewangi selama 15-30 menit.
  5. Angkat dan bilas kembali pakaian dengan air bersih.
  6. Keringkan pakaian dengan mesin pengering jika hal tersebut diperkenankan dalam label petunjuk perawatan baju.
  7. Jemur pakaian di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik tanpa terpapar sinar matahari secara langsung.

Setelah mengetahui cara menghilangkan bau apek pada baju, kini saatnya Anda untuk mengetahui tips merawat baju agar terhindar dari bau apek:

  • Pastikan pakaian yang sedang dijemur sudah kering sempurna. Hindari menyetrika dan menyimpan pakaian yang setengah kering. Hal ini adalah salah satu penyebab bau apek pada pakaian.
  • Simpan pakaian dalam tempat yang kering dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Ketika Anda ingin menyimpan pakaian dalam kardus atau plastik, jangan lupa memberi lubang agar udara dapat masuk ke dalam tempat penyimpanan pakaian.
  • Hindari menyimpan pakaian di lemari atau kardus yang dekat tempat lembab, seperti tempat yang terkena bocoran air hujan.
  • Bersihkan lemari secara teratur. Meski tertutup rapat, debu bisa saja masuk ke dalam lemari.

Jadi, bila ada pakaian yang berbau apek, segera terapkan cara menghilangkan bau apek pada baju di atas. Jangan lupa untuk menambahkan pewangi pakaian yang bisa membuat pakaian Anda harum lebih lama meskipun disimpan di lemari dalam jangka waktu panjang.

TOP