Kiat Mengatasi Gangguan Kulit pada Bayi

Khawatir sekali rasanya jika bayi mulai mengalami gangguan kulit. Biasanya Anda mulai mengenali gangguan tersebut ketika terjadi perubahan tekstur dan warna pada kulit bayi. Beberapa gejala yang menandakan gangguan kulit pada bayi antara lain ruam, bercak-bercak kemerahan, permukaan kulit mengelupas, dan terasa kasar.

Selain itu, bayi yang sedang mengalami gangguan kulit juga menjadi lebih rewel. Pakaian bayi yang dikenakan pun membuat buah hati Anda merasa tidak nyaman. Kalau sudah begini, tentu saja Anda mesti segera mengatasi gangguan kulit tersebut dengan kiat-kiat berikut ini:

Mencuci Pakaian Bayi Secara Teliti

Banyak kasus gangguan kulit pada bayi yang disebabkan proses mencuci pakaian bayi yang kurang teliti. Sisa-sisa sabun yang menempel pada pakaian tersebut dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Gunakan Molto Pure agar pakaian bayi Anda tetap harum dan lembut. Tak sekadar membuat pakaian yang jadi lembut dan harum, Molto Pure juga diformulasikan secara aman untuk kesehatan kulit bayi.

Selalu Memperhatikan Perubahan Cuaca

Ternyata perubahan cuaca juga rentan menyebabkan gangguan kulit pada bayi. Cuaca panas membuat bayi lebih mudah berkeringat. Kemudian jika keringat tersebut menempel pada kulit dan pakaian bayi terlalu lama, sudah pasti hal ini akan menimbulkan biang keringat.

Bintik-bintik merah dengan rasa gatal tentu membuat buah hati Anda lebih rewel. Untuk menyiasati hal ini, pilihkan pakaian bayi yang tipis dan tidak berlapis-lapis. Jangan lupa untuk sering mengganti pakaian yang dikenakan bayi jika sudah mulai berkeringat.

Bersihkan Rumah Secara Teratur

Beberapa hal sepele seperti debu, bulu binatang, dan serbuk bunga bisa menjadi pencetus gangguan kulit bayi. Biasanya debu dan kotoran di rumah membuat kulit bayi mudah gatal-gatal dan mengalami ruam. Anda cuma perlu membersihkan seisi rumah secara teratur. Jangan sampai ada debu dan kotoran lain yang tertinggal di sela-sela perabot.

Konsumsi Makanan Tertentu

Pada kondisi tertentu, beberapa bayi mengalami alergi terhadap jenis protein tertentu. Ini mengharuskan Anda sebagai orang tua untuk lebih cermat memilih dan mengolah bahan makanan untuk bayi. Beberapa jenis protein yang sering menyebabkan gangguan kulit antara lain susu, telur, kacang, dan ikan.

Kini Anda tahu gangguan kulit bayi tidak hanya disebabkan oleh pakaian bayi yang kotor. Semakin Anda memahami penyebab dan kiat mengatasi gangguan kulit bayi, buah hati Anda akan senantiasa merasa nyaman dengan lingkungan bersih dan sehat.

TOP