5 Parfum Klasik dan Legendaris di Dunia

Parfum sudah ada sejak era 1300-an, tetapi beberapa dekade setelah itu parfum dan wewangian seperti kehilangan popularitasnya. Pada akhir abad ke-19, para ahli parfum mulai menciptakan aroma-aroma parfum terbaru dengan bekal pengetahuan kimia organik.

Prancis menjadi pusat industri parfum yang berkembang karena terdapat bunga dan herbal terbaik sebagai bahan dasar parfum. Sejak saat itulah Prancis dikenal sebagai tempat para ahli parfum menciptakan parfum wanita terlaris di dunia.

Hingga kini, banyak berbagai merek parfum bertaraf populer dan mendunia. Namun, lima parfum klasik berikut terus melegenda menembus zaman dan menjadi parfum antik.

4711 Original Eau de Cologne

Konon, pada 1693 ada seorang pedagang Italia bernama Gian Paolo Feminis bertemu biarawati dari Santa Maria Novella Covent di Florence. Sang biarawati kemudian membagikan rumus parfum berkualitas. Parfum ini diramu dengan campuran kulit jeruk dan rosemary. Hasilnya adalah 4711 Original Eau de Cologne yang memiliki aroma manis, segar, dan ringan.

Roger & Galler Extra vieille, Jean-Marie Farina

Seorang pedagang pernah mewariskan resep racikan parfum kepada keponakannya yang bernama Gian Maria Farina. Farina kemudian memasarkan parfum tersebut ke seluruh penjuru Eropa dengan nama “Eau de Cologne”.

Pada 1862, Farina menjual bisnisnya ini ke Roger & Galler yang akhirnya memberi nama produk parfum ini Extra vieille, Jean-Marie Farina. Eau de Cologne ini pernah menjadi aroma favorit bagi raja dan kaisar Prancis.

Chanel No 5

Hingga kini, Chanel No 5 tetap menjadi parfum wanita terlaris di dunia. Parfum yang dirilis pada 1921 ini mengutamakan aroma floral yang pekat. Chanel meramu parfum ini dengan 80 bahan berbeda. Botol kaca klasik nan elegan yang mengemas parfum ini membuat harga jual Chanel No 5 semakin tinggi dari masa ke masa.

Habanita Molinard

Habanita Molinard dirilis pada 1921. Kemasan wewangian ini dirancang desainer perhiasan dan pembuat kaca terkenal, René Lalique. Parfum unisex ini mengombinasikan aroma vanilla dan nilam untuk menciptakan kesan klasik yang sensual.

Guerlain Shalimar

Parfum ini terinspirasi dari kisah cinta romantis Kaisar Shah Jahan dan istrinya, Muntaz Mahal, yang menghasilkan sebuah bangunan megah dan bersejarah, Taj Mahal. Parfum yang konon memiliki keharuman memabukkan ini masih tetap dipasarkan ke penjuru dunia hingga kini. Parfum legendaris ini menawarkan aroma lembut, manis, dan sedikit hangat.

Jika ingin mencoba wewangian klasik dari parfum wanita terlaris yang legendaris, Anda bisa memilih salah satu dari lima parfum di atas. Namun, bila Anda lebih menyukai aroma parfum modern dengan wewangian bunga Prancis, Anda bisa memilih Eau de Parfum by Molto.

TOP