Yuk, Kenali Kebutuhan Psikologis Bayi Baru Lahir

Bayi baru lahir memerlukan perhatian penuh dari kedua orang tuanya. Memenuhi kebutuhan bayi baru lahir memang tidak mudah. Perlu kecermatan dan ketelatenan dari orang tua agar bayi mendapatkan perawatan yang baik.

Banyak ibu mengalami sindrom baby blues setelah melahirkan. Hal ini akan membuat pemenuhan kebutuhan si bayi tidak maksimal. Coba ikuti tips berikut untuk memenuhi kebutuhan yang dapat mendukung tumbuh kembang psikologis bayi.

ASI

ASI sangat penting untuk perkembangan fisik dan mental bayi. Umumnya, bayi baru lahir membutuhkan makan berupa ASI 8-12 kali atau setiap 2-3 jam sekali. Seiring pertumbuhan bayi, kebutuhan ASI juga bertambah banyak.

ASI dapat membentuk pertumbuhan sel otak serta sistem kekebalan tubuh dengan lebih optimal. Selain satu-satunya asupan makanan bagi bayi baru lahir, pemberian ASI dapat mempererat ikatan batin antara ibu dan bayi. ASI juga dapat meningkatkan perkembangan emosi serta kepribadian bayi.

Waktu Tidur

Bayi baru lahir membutuhkan tidur 16 jam sehari. Jam tidur bayi ini bisa dibagi menjadi 2-3 jam dalam sehari. Hal ini salah satu penyebab para ibu stres karena harus terjaga waktu malam saat si bayi bangun.

Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan peran serta sang suami. Ibu bisa bergantian dengan suami untuk mengurus bayi saat terjaga malam hari. Selain itu, Anda bisa tidur siang saat si bayi juga sedang terlelap.

Rasa Aman

Bayi yang rewel akan segera diam ketika digendong orang tuanya. Ini karena bayi memiliki naluri yang bisa merasakan ia aman dalam tangan orang tuanya.

Ibu tidak perlu panik memikirkan cara menenangkannya jika rewel. Beberapa cara untuk menenangkan bayi adalah menggendong dan mengayunkannya perlahan. Anda juga bisa memutar lagu dengan irama lembut untuk membuatnya lebih tenang.

Peran Sang Ayah

Para suami harus turut menunjukkan dukungannya kepada istri saat baru melahirkan. Salah satu caranya adalah bersama-sama mempersiapkan kebutuhan bayi baru lahir. Ini akan meringankan beban para ibu.

Selain itu, bayi membutuhkan quality time dengan sang ayah. Suami bisa belajar mengganti popok bayi, memberinya susu, bermain, dan mengantar tidur. Sementara ayah melakukan tugas tersebut, ibu bisa beristirahat atau refreshing di luar rumah.

Memahami tips memenuhi kebutuhan bayi baru lahir ini akan sangat bermanfaat bagi para ibu yang baru melahirkan anak pertamanya dan belum terbiasa dengan situasi sibuk dalam mengurus bayi. Untuk memberikan kelembutan ekstra pada bayi Anda, gunakan Molto Pure setelah mencuci pakaian bayi.

Tips memenuhi kebutuhan bayi baru lahir ini bisa menjadi solusi bagi para ibu agar tidak terkena sindrom baby blues.

TOP