7 Makanan untuk Kembalikan Ketenangan Hati

Bunga merupakan salah satu sumber aroma alami yang dapat memunculkan ketenangan hati. Itulah sebabnya Molto menjadikan keharuman bunga Perancis sebagai keharuman andalan dalam formula pelembut pakaian. Keharuman bunga Perancis yang tahan lama dalam Molto Eau De Parfum akan membuat siapa pun yang menghirupnya merasa lebih tenang.

Selain berasal dari keharuman bunga, rupanya ketenangan hati juga bisa diperoleh saat mengonsumsi makanan tertentu. Tujuh makanan istimewa ini tak cuma lezat, tetapi juga dapat membuat suasana hati menjadi lebih rileks.

Cokelat

Bukan rahasia lagi bahwa cokelat adalah salah satu bahan makanan yang bermanfaat untuk mengembalikan mood. Senyawa yang terkandung dalam cokelat bersifat sebagai aphrodisiac yang merangsang pelepasan hormon endorfin. Ini membuat pikiran menjadi lebih tenang dan risiko stres dapat diminimalkan.

Bayam

Serat yang terkandung pada bayam sangat bermanfaat untuk melancarakan sistem pencernaan. Selain kaya serat dan folat, vitamin B dalam bayam juga tak kalah berkhasiat. Vitamin B sangat dibutuhkan otak dan sistem saraf.

Jika kebutuhan vitamin B terpenuhi dengan baik, otak lebih mudah mengatur produksi hormon serotonin. Tubuh dan pikiran lebih tenang dan bersemangat dengan kadar serotonin seimbang.

Buah Alpukat

Buah dengan tekstur creamy ini memang digemari banyak orang. Selain memiliki rasa lezat, alpukat juga kaya protein, omega 3, vitamin K, vitamin B, serta beberapa nutrisi lainnya.

Sejumlah nutrisi yang terkandung dalam avokad sangat dibutuhkan untuk menjaga kebugaran tubuh, suasana hati, dan mendukung aktivitas otak. Anda dapat memadukan alpukat ke dalam salad atau es buah untuk mendapatkan cita rasa istimewa.

Beras Merah

Beras merah memiliki indeks glikemik rendah sehingga tidak menyebabkan kadar gula darah naik secara berlebihan. Beras merah juga mengandung vitamin B1 dan B3 yang dibutuhkan otak. Jika kadar gula darah relatif stabil dan nutrisi otak terpenuhi dengan baik, sudah pasti keseimbangan metabolisme ini akan mendukung kestabilan mood.

Tomat

Vitamin C dan asam folat yang terkandung dalam tomat membantu mempertahankan sistem kekebalan tubuh dan mencukupi kebutuhan nutrisi otak. Jadi, Anda tidak perlu ragu mengolah tomat menjadi aneka jenis makanan atau minuman segar sesuai selera.

Aneka Jamur

Ternyata jamur mampu merangsang produksi insulin untuk menstabilkan kadar gula dalam darah. Selain itu, jamur mengandung prebiotik yang mendukung perkembangan bakteri baik dalam usus.

Usus yang sehat akan mendukung 80-90 persen produksi hormon serotonin. Hormon ini akan membawa andil besar dalam hal menjaga mood dan semangat Anda.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan adalah bahan makanan yang menjadi sumber protein nabati, zat besi, dan vitamin E. Mengonsumsi kacang dalam porsi seimbang akan menjaga kestabilan emosi dan suasana hati. Bahkan, mengunyah kacang juga bisa memberikan efek rileks yang baik untuk tubuh Anda.

Demi mencapai ketenangan hati yang diinginkan, jangan ragu untuk mengonsumsi ketujuh jenis makanan tersebut. Anda bisa memadukan ketujuh jenis makanan tersebut dengan bahan makanan lainnya supaya tidak bosan.

TOP