Inilah Cara Tepat Melatih Asisten Rumah Tangga yang Baru

Aktivitas mengurus rumah tangga sering dianggap remeh. Padahal, aktivitas ini tidak kalah berat dan sulit jika dibandingkan pekerjaan lainnya. Tidak jarang para ibu merasa kewalahan dan membutuhkan bantuan dari asisten rumah tangga. Hal ini diperlukan agar segala kebutuhan rumah tangga bisa terpenuhi dengan baik.

Melatih asisten rumah tangga baru memang bukan hal mudah. Namun, bukan berarti Anda akan sangat kesulitan melakukannya. Coba ikuti beberapa cara ini agar asisten rumah tangga yang baru cepat beradaptasi dengan kondisi rumah Anda.

Kebersihan adalah Hal Utama

Dalam mengurus rumah tangga, kebersihan adalah hal utama. Jadi, Anda patut menanamkan hal penting ini kepada asisten rumah tangga. Tak sekadar soal kepandaian mengurus rumah tangga, kamar dan kondisi tubuh asisten pun wajib selalu bersih. Dengan demikian, sang asisten akan terbiasa untuk menjaga kebersihan rumah semaksimal mungkin meski Anda sedang tidak mengawasi.

Ajarkan Penggunaan Perabot Canggih

Jangan terlalu pelit dengan perabot canggih di rumah. Anda bisa mengajarkan penggunaan perabot-perabot tersebut kepada sang asisten rumah tangga agar ia bisa menggunakannya. Ada banyak perabot canggih yang cara penggunaannya mesti dipelajari, seperti mesin cuci pintar, microwave, setrika uap.

Tanamkan Prinsip Menghemat

Ada banyak hal kecil yang bisa menghemat pengeluaran rumah tangga. Salah satu contoh penghematan itu adalah mematikan lampu dan pendingin ruangan saat tidak digunakan.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah penggunaan produk pewangi pakaian yang dapat menghemat air, listrik, dan tenaga. Molto hadir dengan produk pewangi sekaligus pelembut pakaian sekali bilas yang super hemat dan efisien.

Jika Anda mengajarkan penggunaan Molto pewangi pakaian kepada asisten rumah tangga, tentu ia bisa bekerja lebih efisien dan memanfaatkan waktunya untuk pekerjaan lain. Varian Molto pewangi pakaian memungkinkan Anda leluasa memilih yang sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda.

Cermat soal Anggaran Belanja

Anggaran belanja kebutuhan dapur biasanya menjadi salah satu hal yang dipercayakan kepada asisten rumah tangga. Karena itu, Anda patut memperhitungkan anggaran belanja secara cermat. Hal ini bukan berarti membuat Anda jadi pelit. Latihlah asisten rumah tangga Anda supaya lebih disiplin, hemat, dan jujur dalam mengatur anggaran belanja.

Jangan Bosan Mengingatkan

Wajar bila asisten rumah tangga yang baru kerap lupa dengan aturan yang Anda ajarkan. Tugas Anda adalah jangan pernah bosan untuk mengingatkan asisten Anda. Nantinya sang asisten pasti akan lekas beradaptasi dan menjadikan aturan-aturan di rumah sebagai rutinitas.

Kehadiran asisten rumah tangga yang dapat diandalkan akan meringankan pekerjaan Anda di rumah. Mari jalin hubungan yang baik dan akrab, namun tetap profesional agar asisten rumah tangga baru merasa betah di rumah Anda.

TOP