7 Hal Sederhana untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Masa pertumbuhan merupakan saat-saat yang penting bagi pembentukan karakter anak. Anak yang tumbuh dengan rasa percaya diri tinggi tentu memiliki kemampuan istimewa dalam mengembangkan bakat dan sosialisasi. Percaya diri juga berkaitan erat dengan suasana hati anak. Seorang anak yang senantiasa percaya diri konon emosinya relatif stabil.

Sebagai orangtua, Anda memiliki peran besar dalam mendukung rasa percaya diri anak. Cobalah tujuh hal sederhana ini untuk meningkatkan rasa percaya diri anak dalam masa tumbuh kembangnya.

Jadi Teladan yang Baik

Faktanya, anak cenderung mengikuti perilaku orangtua. Namun, nasihat orangtua kerap diabaikan anak. Karena itu, orangtua patut menjadi teladan yang baik bagi anak. Sudah waktunya orangtua mencerminkan kepribadian yang baik jika ingin anak meneladani hal-hal baik tersebut.

Hindari Memarahi Anak di Depan Orang Lain

Seperti orang dewasa, anak-anak pun tidak suka dimarahi di hadapan orang lain. Hal sepele ini bisa mengakibatkan anak kehilangan rasa percaya dirinya. Sebaiknya orangtua memberi pengertian atau memarahi anak ketika sedang tidak bersama orang lain. Sampaikan kesalahan anak secara jelas supaya anak bisa belajar membedakan hal yang baik dan buruk.

Jangan Sungkan Meminta Bantuan Anak

Anak-anak pasti merasa senang bila orangtua mempercayakan suatu pekerjaan kepadanya. Orangtua bisa meminta bantuan anak untuk hal-hal kecil sejak dini. Coba bayangkan betapa bangganya si kecil kalau ia sudah dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan rumah sederhana.

Ajarkan Kebersihan Sedini Mungkin

Kebersihan juga tidak lepas dari rasa percaya diri anak. Anda bisa memulai dari hal-hal kecil, misalnya mencuci pakaian dengan Molto pelembut pakaian. Jika mengandalkan Molto Anti Bakteri, baju-baju anak akan senantiasa lembut, bersih, dan harum. Si kecil pun semakin percaya diri dengan suasana hati gembira saat tampil dalam keadaan bersih dan harum.

Biarkan Anak Memilih Teman

Rasanya senang sekali melihat si kecil bisa bersosialisasi dengan teman sebayanya. Sebagai orang tua yang bijak, biarkan anak-anak memilih temannya sendiri. Anda hanya perlu mengawasi dan membimbing mereka agar bisa bersosialisasi dengan baik. Anak-anak pun bisa belajar bersosialisasi dengan baik dan mandiri.

Bantu Mereka Menemukan Bakat dan Minat

Bakat dan minat anak sangat penting untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Dengan menemukan minat dan bakatnya, anak-anak tentu punya keyakinan besar terhadap potensi dirinya. Anak pun tidak minder melihat potensi teman-temannya yang beragam. Ini karena anak sudah paham setiap orang memiliki potensi unik dan berbeda-beda.

Menjadi Sahabat bagi Anak

Tidak mudah bagi orang tua untuk menyelami dunia anak. Namun, percayalah kedekatan antara orangtua dan anak membuat mereka bisa merasa orangtua adalah sahabat terbaik. Hal ini akan membuat anak tidak segan menceritakan masalah yang sedang dihadapinya serta meminta saran dari orangtua.

Sebagai orangtua modern yang memahami perkembangan dunia anak, Anda pasti sudah menyiapkan strategi tersendiri untuk meningkatkan rasa percaya diri anak. Mari menjadi orangtua yang berperan sebagai sahabat anak. Jaga suasana hati mereka selalu baik agar tumbuh kembangnya berlangsung maksimal.

TOP