Kenali Makanan Pemicu Alergi pada Bayi

Tentu gusar sekali rasanya jika melihat buah hati sedang sakit. Apalagi kalau buah hati Anda masih bayi. Namun, masalah alergi kulit pada bayi biasanya lebih mudah dikenali karena gejalanya langsung terlihat jelas.

Alergi pada kulit bayi dapat dipicu konsumsi makanan tertentu. Makanan yang memproduksi zat tertentu bisa menimbulkan efek penolakan pada tubuh bayi setelah bayi makan. Inilah yang menimbulkan gejala alergi seperti ruam kulit, bentol, rasa gatal, dan sensasi panas.

Susu Sapi dan Produk Turunannya

Bagi beberapa bayi, susu sapi mengandung jenis protein asing yang dapat menimbulkan perlawanan dari tubuh. Susu sapi rentan menyebabkan alergi pada kulilt bayi. Sebaiknya Anda tidak memberikan asupan susu sapi atau produk turunannya berupa keju, mentega, dan yoghurt kepada bayi.

Tidak perlu khawatir jika bayi Anda mengalami alergi terhadap protein susu sapi dan turunannya. Alergi ini bisa berangsur-angsur hilang ketika buah hati beranjak dewasa. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai asupan protein pengganti yang tepat bagi bayi Anda.

Telur Ayam

Kandungan protein pada telur ayam juga rentan menyebabkan alergi pada anak, terutama bayi. Itulah sebabnya dokter menganjurkan bayi tidak diberi makanan pendamping ASI (MP-ASI) berbahan dasar telur sampai usia tertentu. Ketika sistem kekebalan tubuh bayi dianggap sudah lebih kuat, pemberian telur bisa dimulai dalam porsi kecil.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang kaya protein rupanya bisa menjadi pemicu alergi anak. Beberapa jenis kacang yang dapat menimbulkan alergi antara lain kacang tanah dan mede. Kacang kedelai justru tidak rentan mengakibatkan alergi sehingga sering digunakan sebagai bahan alternatif pengganti susu sapi.

Beragam Makanan Laut

Beragam makanan laut seperti ikan, kerang, udang, dan kepiting juga rentan mengakibatkan alergi kulit. Reaksi tubuh yang ditimbulkan juga tergolong cepat sesaat setelah mengonsumsi makanan tersebut. Untuk menggantikan protein nabati dari makanan laut, Anda dapat memilihkan olahan dari daging ayam atau daging sapi untuk bayi Anda.

Hal lain yang harus Anda cermati untuk menghindari alergi kulit pada bayi adalah menjaga kebersihan dan kenyamanan pakaian anak. Percayakan kehigienisan pakaian anak kepada Molto Pure yang diformulasikan khusus untuk kesehatan bayi. Molto Pure akan membuat pakaian bayi senantiasa higienis, lembut, harum, dan bebas alergi.

TOP