Ternyata Ini Caranya Membuat Bayi Senantiasa Tidur Nyenyak

Kekurangan waktu tidur menjadi salah satu masalah utama bagi para orangtua yang baru memiliki bayi. Biasanya bayi cenderung aktif pada malam hari dan malah tidur saat siang hari. Tidak mengherankan bila orang tua harus kerap begadang demi menjaga si bayi.

Meskipun bayi bisa tertidur saat malam, waktu tidurnya hanya 1-2 jam. Lantas bagaimana caranya agar bayi bisa tidur nyenyak? Memilihkan pakaian bayi yang nyaman untuk tidur adalah salah satu cara. Namun, masih ada banyak cara lain agar bayi tidur nyenyak pada waktu yang tepat.

Atur Penerangan

Kondisi pencahayaan dalam ruangan akan memengaruhi rasa kantuk. Karena itu, biasakan mengatur jam tidur bayi dengan penerangan redup sedini mungkin. Cahaya siang hari yang menerangi bagian dalam rumah menjadi tanda bayi bebas beraktivitas. Saat malam hari, usahakan cahaya ruangan jauh lebih redup sehingga bayi mudah mengantuk. Jika hal ini dilakukan secara rutin, niscaya waktu tidur bayi akan lebih teratur.

Pakaian yang Nyaman

Pakaian bayi yang nyaman akan membuat buah hati Anda tertidur lebih nyenyak. Jangan hanya memilih pakaian bayi yang bahannya lembut dan tidak panas. Anda juga wajib memperhatikan perawatan pakaian-pakaian tersebut.

Gunakan Molto Pure yang diformulasikan khusus untuk pakaian bayi. Penggunaan Molto Pure akan membuat pakaian si kecil lebih lembut, higienis, harum, dan tidak menyebabkan iritasi. Sensasi keharuman lembut khas Molto Pure pasti membuat bayi Anda semakin nyaman sepanjang hari, termasuk menjelang waktu tidur.

Segera Hampiri saat Bayi Terbangun

Semakin cepat Anda menghampiri dan menenangkan bayi yang baru terbangun, semakin mudah pula bayi Anda tertidur kembali. Setiap bayi memiliki kebiasaan beragam ketika terbangun. Ada bayi yang diam dan menatap ke sekelilingnya, ada juga yang langsung menangis. Usaplah bayi dengan lembut agar ia merasa nyaman dan mudah kembali tidur.

Setel Musik-Musik Klasik

Musik klasik yang bermanfaat bagi perkembangan otak bisa disetel sesaat sebelum bayi tertidur. Tidak hanya merangsang pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak bayi, musik-musik klasik juga membuat bayi lebih tenang dan mudah mengantuk. Biarkan bayi mendengarkan musik klasik dari tempat tidurnya supaya tidak terbiasa tidur dalam keadaan digendong.

Ciptakan Kebiasaan Tertentu

Ada banyak kebiasaan yang bisa dilakukan sesaat sebelum bayi tertidur. Mulailah dengan memandikan bayi dan memberi susu agar bayi merasa kenyang. Setelah bayi kenyang, buatlah bayi merasa lebih rileks dengan melakukan pijatan-pijatan lembut. Kalau sudah merasa nyaman, tentu saja bayi jadi muda tertidur nyenyak sepanjang malam.

Sudahkah Anda melakukan kelima cara ini untuk membuat bayi tertidur nyenyak? Jika belum, berarti ini saatnya untuk mencobanya. Bayi Anda akan memiliki jadwal tidur yang tepat dan tidak menghambat rutinitas Anda.

TOP