Yuk, Lakukan Persiapan untuk Perlengkapan Bayi Anda

Calon orang tua pasti menantikan kelahiran bayi dengan perasaan campur aduk. Sambil menunggu proses persalinan, calon orang tua pun akan mulai melakukan persiapan perlengkapan bayi sejak usia kandungan mulai memasuki bulan-bulan terakhir.

Rasanya gemas sekali melihat ragam perlengkapan bayi yang unik. Meski tergoda untuk membeli banyak perlengkapan lucu tersebut, jangan sampai Anda keliru memilih. Beberapa benda ini adalah perlengkapan bayi baru lahir yang wajib Anda siapkan.

Baju Bayi yang Cukup

Siapkan baju bayi dalam jumlah yang mencukupi sebelum bayi Anda lahir. Namun, ingatlah bahwa sebaiknya Anda juga tidak menyiapkan secara berlebihan. Jangan lupa perkembangan tubuh bayi berlangsung sangat cepat pada tahun-tahun pertama. Jadi, siapkan pakaian dalam ukuran agak besar sebagai persediaan untuk beberapa bulan ke depan.

Popok Bayi Bertekstur Ringan dan lembut

Popok bayi adalah persiapan perlengkapan bayi berikutnya yang wajib Anda perhatikan. Jumlahnya juga harus agak banyak sebagai bahan salinan ketika bayi sering pipis atau buang air besar. Bahkan bayi yang lahir saat musim hujan sebaiknya memiliki persediaan jumlah popok bayi lebih banyak. Minimnya sinar matahari dapat membuat jemuran popok sulit kering.

Beberapa Baju Tidur

Baju tidur khusus bayi biasanya dikenal dengan istilah sleepers. Bentuknya mirip jumpsuit dengan bagian yang tertutup ritsleting dari leher hingga kaki. Penggunaan sleepers akan membuat bayi baru lahir merasa hangat dan terhindar dari gigitan nyamuk. Aktivitas tidur bayi Anda pun akan berlangsung maksimal untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Perlengkapan Mandi

Untuk menjaga kebersihan bayi, persiapan perlengkapan mandinya juga harus Anda perhatikan. Anda patut menyiapkan bak mandi bayi, handuk, sabun, sampo, dan lap lembut (bath mitts). Cermati tanggal kedaluwarsa peralatan mandi tersebut agar tidak berisiko bagi kesehatan bayi Anda. Pilihlah produk bak mandi dan lap lembut yang tidak licin, ergonomis, serta aman untuk bayi.

Alas Tidur Bayi

Alas tidur bayi bukan hanya berupa ranjang berukuran besar. Perlengkapan lain seperti lampin, bantal dan guling, seprai, serta selimut pun tidak kalah penting. Pilihkan perlengkapan tidur yang bahannya nyaman agar bayi Anda tidak mudah merasa gerah.

Jika Anda sudah mengetahui persiapan perlengkapan bayi sedini mungkin, niscaya Anda dapat memilih perlengkapan yang benar-benar bermanfaat bagi kebutuhan bayi Anda. Berbelanja perlengkapan bayi juga tidak akan menguras isi kantong Anda.

TOP