Anak Tidur Pulas Tiap Malam dengan Cara Ampuh Ini

Tak sedikit orang tua merasa cemas jika anaknya tidak tidur pulas pada malam hari. Selain rewel dan mengganggu waktu tidur orang tua, tumbuh kembang anak juga bisa terganggu. Ada beragam cara mudah untuk mengembalikan ritme tidur anak, mulai dari tidur siang hingga penggunaan pelembut pakaian bayi. Anda bisa mencoba cara ampuh berikut untuk mengatasinya.

Pastikan Anak Sudah Kenyang

Rasa lapar bisa menjadi penyebab anak sulit tidur malam. Untuk mencegah hal ini, pastikan buah hati Anda sudah kenyang sesaat sebelum tidur. Anda dapat memberikan susu, camilan, makanan berat, atau buah. Rasa kenyang akan membuat anak merasa nyaman dan tertidur lebih cepat.

Aktivitas Padat pada Siang Hari

Mungkin anak enggan tidur malam karena sudah tidur siang dalam waktu lama. Ini menyebabkan si kecil berusaha menyalurkan energinya pada malam hari. Anda mesti lebih cermat menyiasati hal seperti ini dengan membatasi waktu tidur siang anak 3-4 jam.

Bangunkan anak untuk beraktivitas atau bermain jika sudah cukup tidur siang. Biarkan si kecil melakukan banyak kegiatan seperti belajar atau bermain. Ini akan membuat anak merasa lelah pada malam hari dan lebih mudah tertidur hingga pagi.

Seprai dan Pakaian Selalu Bersih

Seprai dan pakaian yang bersih juga memengaruhi kenyamanan tidur anak. Sebaiknya Anda menggunakan deterjen dan produk pelembut pakaian bayi berkualitas ketika mencuci seprai dan pakaian anak. Ada varian Molto Pure sebagai pelembut pakaian bayi yang bisa menjadi andalan Anda.

Kandungan alami dalam pelembut pakaian bayi ini tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit anak. Seprai dan pakaian pun akan selalu higienis dengan keharuman lembut yang disukai si kecil.

Matikan Lampu saat Tidur

Paparan cahaya dari lampu kamar juga bisa menyenyebabkan anak sulit tidur. Kondisi kamar yang gelap akan mempengaruhi produksi hormon melatonin yang menimbulkan kantuk. Anak-anak akan lebih mudah mengantuk bila berada di kamar tidur yang suasananya temaram. Supaya anak tidak takut dengan tempat gelap, siapkan lampu tidur berukuran kecil yang cahayanya tidak terlalu terang.

Mengatasi kebiasaan susah tidur anak pada malam hari tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu lebih telaten agar ritme tidur anak kembali normal. Jika anak senantiasa mendapatkan waktu tidur yang cukup, tumbuh kembangnya pun akan berlangsung maksimal.

TOP