Cara Bedong Bayi

Saat bersiap untuk tidur sejenak maupun tidur di malam hari, sang buah hati akan meringkuk dan merapatkan tubuhnya agar merasa nyaman. Membedong bayi merupakan salah satu cara terbaik untuk memenuhinya.

Membedong bayi adalah cara melilitkan sebuah kain bedong bayi secara rapat mengelilingi tubuh bayi Moms. Hal ini dapat membuat mereka merasa aman dan membantu mereka tidur tanpa terganggu.

Bayi yang baru lahir terbiasa dengan ruang yang hangat dan nyaman di dalam perut Ibu. Terbungkus dalam kain bedong bayi mengingatkan mereka akan hal itu. Para orang tua rupanya juga telah menyadari cemerlangnya gagasan bedong bayi sejak zaman paleolitikum.

Cara Bedong Bayi

Moms dapat menggunakan kain muslin untuk membedong bayi jika hanya untuk menjaga kenyamanannya dan membantu bayi dibedong agar tidur lebih nyenyak. Jika ingin membedong agar bayi tetap hangat, gunakan kain bedong bayi yang lebih tebal. Namun pastikan agar bayi tidak merasa kepanasan. Sebaiknya Moms pertimbangkan berapa lama bayi perlu dibedong di saat-saat tertentu.

Perhatikan label pada kain bedong bayi untuk mengetahui apakah bahan tersebut memerlukan penanganan khusus. Untuk melembutkan pakaian bayi, Moms dapat menggunakan Molto Pure. Formula unik Molto dirancang secara khusus bagi kulit sensitif dan menjaga pakaian agar lembut dan nyaman dipakai.

Melipat Kain Bedong Bayi

  • Letakkan kain bedong bayi pada alas datar, membentuk belah ketupat.
  • Lipat sudut bagian atas sebagian saja ke arah bawah.
  • Letakkan bayi pada posisi terlentang dan posisikan lehernya pada garis lipatan kain bedong bayi.

Menyisipkan Kain Ke Bagian Kanan Bedong Bayi

  • Posisikan lengan kanan bayi lurus mendatar di kedua sisi tubuhnya.
  • Tarik sudut ujung sebelah kiri kain bedong bayi menyeberangi lengan kanan dan bagian tubuh, kemudian selipkan sudut kain di bawah tubuhnya.
  • Dengan perlahan, angkat tubuh bayi ke arah kiri Moms, kemudian rapikan sisa bagian kain bedong bayi ke bagian belakang punggungnya.

Selipkan kain yang aman, namun pastikan juga bahwa pinggul bayi masih dapat bergerak dengan lentur. Jika Moms melilitkan bedong bayi terlalu ketat, bayi akan sulit menggerakkan kaki dan dapat menyebabkan displasia pangkal paha.

Menyisipkan Kain Ke Bagian Kiri Bedong Bayi

  • Jaga lengan kiri bayi tetap di sisi kiri secara perlahan.
  • Tarik bagian sudut bawah bagian kain bedong ke atas sisi bahu kiri bayi.
  • Jika ada sisa kain yang terbentang, lilitkan mengelilingi lengan kiri bayi.

Menyisipkan Selipan Terakhir Bedong Bayi

  • Tarik sudut kanan kain bedong agak kuat, kemudian arahkan menyeberangi tubuh bayi.
  • Dengan perlahan, angkat bayi ke arah kanan Moms agar dapat melilitkan sudut ujung kain dan menyelipkannya ke bagian belakang punggung bayi.

Berhati-hatilah Saat Membedong Bayi

Meskipun kebiasaan bayi dibedong sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, namun tidak berarti prakteknya terlepas dari bahaya dan persoalan.

Bayi harus berada pada posisi terlentang pada saat di bedong. Keluarkan barang-barang seperti selimut, bantal-guling bayi, maupun mainan dari boks bayi atau keranjang tidur bayi.

Ketika bayi sudah dibedong, Moms harus mengawasi mereka. Moms perlu membantu jika kain bedong mulai terbuka dan menutupi wajah bayi, atau jika mereka mencoba untuk berguling ke posisi telungkup. Para bayi akan mulai melakukan hal ini pada usia sekitar dua bulan - pada saat inilah kiranya sang buah hati tidak perlu lagi dibedong.

Manfaat Bayi Dibedong

Membedong bayi banyak manfaatnya selama Moms melakukannya dengan benar. Bedong bayi membantu buah hati tidur lebih nyenyak tanpa merasa terganggu dan mengingatkan mereka pada rasa nyaman di dalam perut Ibu. Eratnya dekapan kain bedong bayi membantu menghentikan ‘gerak refleks’ - gerakan bayi yang terkejut dan terbangun oleh suara keras atau diletakkan secara tiba-tiba. Moms juga bisa membeli produk bedong bayi instan yang memudahkan Moms tanpa harus menyelipkan banyak bagian bedong ke badan bayi Moms. Membedong pun menjadi lebih praktis.

Menjaga bayi Moms tetap nyaman dan terbedong dapat membantu mereka tidur lebih baik dan merasa lebih aman.

TOP