Cara Memijat Bayi

Menjalin ikatan dengan bayi Ibu bukan saja hal yang penting, namun juga merupakan perasaan terbaik di seluruh dunia. Tak ada yang bisa menandingi pancaran kasih sayang dan perlindungan yang ingin Ibu curahkan pada sang buah hati. Pijat bayi adalah cara yang menyenangkan untuk menjalin ikatan dengan mereka.

Ibu hanya perlu mengusap tubuh bayi dengan ritme pelan yang menggerakkan kaki dan tangan mereka secara lembut.

Pijat bayi membantu mereka (dan Ibu sendiri) merelaksasi tubuh dengan melepas kimia serotonin (perasaan senang) dalam otak. Teknik memijat bayi juga dapat membantu si kecil secara fisik dalam menambah berat badannya.

Sebelum memulai pijat bayi, sebaiknya ruangan cukup hangat dan tidak terganggu agar membantu Ibu dan buah hati santai. Ibu juga dapat memutar musik lembut agar si kecil masih bisa mendengar suara Ibu. Bayi hendaknya nyaman dan tenang, waktu yang tepat adalah di antara waktu makan dan ketika mereka tidak mengantuk.

Saat ini pijat bayi menjadi semakin populer di seluruh dunia, sementara teknik memijat bayi telah ada semenjak ratusan tahun yang lalu. Para orang tua telah lama memijat tubuh bayi sejak zaman India kuno dan awal dinasti Qing di Cina.

Bayi dapat dipijat sedini mungkin saat Ibu baru membawa mereka pulang ke rumah, namun tunda dulu penggunaan minyak ataupun losion selama dua minggu. Kulit bayi yang baru lahir sangat sensitif dan bisa menjadi kering. Penggunaan minyak justru akan memperparah kondisi ini sehingga ada baiknya Ibu mengetahui cara memijat bayi yang benar.

Cara Memijat Bayi

Memijat Bagian Paha

  • Letakkan tangan Ibu pada bagian paha dan arahkan ke bawah menuju kaki.
  • Beri tekanan yang sangat lembut saat Ibu melakukan gerakan ini

Memijat Bagian Kaki dan Jari Kaki

  • Putar kaki bayi ke arah kiri dan kanan beberapa kali secara perlahan, kemudian usap bagian atas jari kaki hingga ke mata kaki.
  • Pada bagian alas kaki, buatlah gerakan melingkar kecil menggunakan jemari Ibu.
  • Tarik jari kaki dengan lembut menggunakan ibu jari dan telunjuk.

Memijat Leher

  • Usap dahi bayi kemudian arahkan ke bawah menuju tengkuk. Kepala bayi Ibu sangat rapuh, jadi gunakan gerakan yang sangat lembut.

Memijat Punggung

  • Lakukan gerakan tarik dari leher menuju pinggul pada sisi-sisi punggung, hindari bagian tulang belakang.

Memijat Bagian Dada

  • Satukan tangan Ibu dengan telapak saling menyentuh, lalu posisikan di atas jantung sang buah hati. Kemudian diawali jari kelingking, perlahan buka jemari tangan Ibu satu-persatu menyentuh tubuhnya. Selanjutnya letakkan telapak tangan secara ringan pada dada bayi. Lakukan hal ini sebanyak beberapa kali.
  • Letakkan tangan Ibu pada bagian atas dada dan usapkan ke arah bawah menuju bagian paha. Lakukan hal ini beberapa kali dengan tangan bergantian.

Memijat Lengan

  • Usap bagian lengan bayi dengan lembut mulai dari pundak ke arah pergelangan tangan dengan menggunakan ujung jari Ibu.

Memijat Tangan

  • Buatlah jejak-jejak berupa lingkaran kecil di sekitar tangan bayi menggunakan ibu jari.

Tips Seputar Pijat Bayi

Saat sedang dipijat, bayi boleh menggunakan popok maupun tidak. Jika menurut Ibu sebaiknya mereka memakai popok, longgarkan sedikit pada saat Ibu memijat bagian punggungnya.

Bercakaplah dengan sang buah hati saat sedang memijatnya, hal ini memperkuat ikatan orang tua dan anak serta mendukung terciptanya hubungan baik. Bayi akan mulai mengenali suara Ibu, juga musiknya, dan mengasosiasikan kedua suara tersebut dengan pijatan.

Menjaga Kelembutan Kulit Bayi

Sebelum memulai pijatan, baringkan si kecil pada handuk bersih. Mencuci handuk dengan Molto Pure akan memastikan handuknya terasa tetap lembut di kulitnya yang sensitif.

Sediakan popok bersih dan pakaian ganti di dekat Ibu agar bisa segera mengganti popoknya, juga menjaga agar mereka tetap hangat dan nyaman.

Seiring bertambahnya usia bayi, ada baiknya menggunakan minyak alami untuk memijat. Memijat pun menjadi lebih mudah dan baik untuk kulit mereka. Hindari pemakaian minyak yang mengandung kacang-kacangan (olahan maupun murni) karena dapat mengakibatkan reaksi apabila bayi Ibu alergi terhadap kacang.

Manfaat Lebih Pijat Bayi

Memijat bayi memberikan kesempatan bagi Ibu untuk mempererat ikatan orang tua dan anak yang istimewa. Saat dalam proses pemijatan, Ibu dan buah hati akan makin saling kenal dengan satu sama lain. Habiskan waktu untuk berbincang dan berpelukan dengan bayi Ibu. Nikmati momen spesial ini.

TOP