Hal-hal Sepele Ini Bisa Bikin Bayi Jadi Cengeng

Menjadi orang tua baru tentu adalah tantangan tersendiri. Sebagai orang tua baru, Anda termotivasi untuk belajar dan mempersiapkan banyak ha, mulai dari cara mengasuh hingga detergen bayi. Namun, Anda pasti khawatir dan bingung jika bayi rewel. Beberapa penyebab bayi rewel bisa jadi sangat sepele. Yuk, cek informasinya berikut ini.

Lapar atau Kembung

Bayi yang sedang kembung atau lapar akan mengekspresikannya dengan menangis. Untuk menghindari hal ini, tetapkanlah jadwal makan atau pemberian ASI secara teratur agar bayi tidak merasa teralu lapar. Jangan lupa untuk menepuk-nepuk punggung bayi setelah ia makan atau minum. Ini agar bayi bisa sendawa dan mengeluarkan udara dari perutnya sehingga ia merasa lebih nyaman.

Popok Basah

Popok basah tentu akan membuat bayi merasa tidak nyaman. Karena itu, periksa dan gantilah popok si kecil setiap beberapa jam. Menggunakan popok sekali pakai yang daya serap dan daya tampungnya tinggi memang baik. Namun, ini bukan untuk membuat Anda jadi malas mengganti popok. Jangan sampai si kecil mengalami iritasi kulit karena popok yang jarang diganti.

Pakaian Kurang Nyaman

Pakaian yang kurang nyaman juga bisa membuat bayi jadi cengeng. Karena itu, Anda harus sangat teliti saat memilih pakaian bayi. Pastikan pakaian si kecil terbuat dari bahan yang sejuk dan elastis dengan ukuran yang pas.

Cara merawat pakaian bayi juga tidak bisa sembarangan. Selain kebersihan pakaian, bayi Anda harus merasa nyaman dengan pakaian yang dikenakannya. Selain menggunakan detergen bayi, gunakan pelembut pakaian Molto Pure yang diformulasikan khusus untuk pakaian bayi. Selain membuat pakaian bayi lebih higienis, pakaian si kecil akan terasa lembut. Si kecil pun merasa nyaman dan tidak rewel.

Merasa Bosan

Meski tak banyak yang bisa bayi lakukan, si kecil juga bisa merasa bosan. Hal ini bayi tunjukkan dengan menangis kencang dan gelisah. Anda bisa mencoba menenangkan si kecil dengan menggendongnya sambil berjalan-jalan. Anda juga bisa mengalihkan perhatiannya dari rasa bosan dengan mainan atau permainan yang menarik.

Bayi Sakit

Bagaimana mengetahui bayi Anda cengeng karena sakit jika mereka belum bisa bicara? Beberapa gejala yang bisa Anda kenali antara lain meningkatnya temperatur tubuh, wajah pucat, dan pilek. Selain itu, bisa saja ada rasa tak nyaman saat Anda menyentuh bagian tubuh tertentu pada bayi. Segera lakukan penanganan pertama saat bayi sakit sesuai kondisinya.

Terbukti kan, hal sepele seperti salah memilih detergen bayi bisa menyebabkan si kecil tidak nyaman dan cengeng. Kini Anda sudah tahu trik mengatasi saat si kecil rewel dan tak perlu panik lagi. Kenali dunia si kecil lebih cermat untuk menjaga kenyamanan dan mendukung tumbuh kembangnya secara maksimal.

TOP