7 Cara Efektif Hemat Air saat Mencuci di Rumah

Tak banyak yang tahu bahwa setiap tanggal 22 Maret diperingati sebagai Hari Air Sedunia. Pada momen Hari Air tahun ini, yuk lebih cermat dalam menggunakan air dalam kegiatan rumah tangga seperti mencuci baju. Selain menghemat air, pengeluaran Anda pun menjadi lebih hemat. Menghemat air bisa dimulai dengan hal simpel seperti cara memakai mesin cuci dengan benar dan beberapa tips efektif berikut.

Jangan Lupa Matikan Keran

Salah satu hal yang paling memboroskan air adalah membiarkannya menyala sampai luber. Usahakan untuk memantau keran air dengan cermat saat mencuci baju. Anda juga bisa menggunakan mesin cuci dengan akses otomatis ke keran air. Cara memakai mesin cuci yang satu ini sangat praktis karena air akan berhenti otomatis saat kapasitas mesin cuci sudah terpenuhi.

Mesin Cuci Hemat Air

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat air adalah menggunakan mesin cuci hemat air. Teknologi mesin cuci hemat air tentu akan membuat penggunaan air di rumah Anda lebih efisien saat mencuci. Mesin cuci ini umumnya juga dilengkapi teknologi yang dapat menghemat listrik. Cara memakai mesin cuci hemat air tentu sama dengan mesin cuci pada umumnya sehingga Anda tak akan kesulitan.

Cuci Baju dalam Jumlah Banyak

Mungkin Anda merasa mencuci sedikit baju membuat tenaga Anda tidak terkuras habis. Namun, hal ini malah membuat Anda boros air karena air cucian hanya digunakan untuk beberapa helai baju saja. Solusinya, sebaiknya Anda mencuci baju sekaligus dalam jumlah banyak agar penggunaan air lebih hemat.

Tidak Menggunakan Banyak Sabun

Anda tidak membutuhkan banyak sabun yang menghasilkan busa melimpah. Ini karena banyaknya busa tidak memengaruhi kebersihan baju yang Anda cuci. Pilihlah deterjen yang dapat membersihkan secara maksimal tanpa busa berlebihan sehingga Anda tidak perlu membilas berkali-kali. Selain itu, penggunaan deterjen minim busa juga mendukung cara memakai mesin cuci yang benar. Mesin cuci Anda akan lebih awet dan tak mudah rusak akibat busa cucian berlebih.

Pelembut Pakaian Sekali Bilas

Selain mesin cuci hemat air, penggunaan produk pelembut pakaian juga bisa mendukung penghematan air. Rangkaian produk pelembut pakaian Molto memiliki teknologi sekali bilas. Busa langsung hilang dalam sekali bilas dan pakaian jadi wangi dan lembut. Ini tentu membuat penggunaan air jadi semakin hemat.

Bersihkan Saku Baju

Kadang kala Anda mungkin lupa mengecek isi saku baju sebelum dicuci. Tisu yang kelupaan dalama saku baju akan hancur menjadi serpihan halus ketika dicuci. Akibatnya, air cucian pun jadi kotor dan tidak bisa digunakan untuk membilas baju-baju lain. Untuk menghindari hal ini, pastikan Anda sudah mengecek isi saku tanpa ada yang terlewatkan.

Mulai sekarang, menghemat penggunaan air tak lagi menjadi hal yang sulit diwujudkan. Hanya butuh sedikit kecermatan dan dukungan teknologi untuk memaksimalkan penghematan air ketika mencuci.

TOP