Skip to content
Nyonya di Hijab

Psikologi Pakaian

Psikologi pakaian merupakan topik yang kompleks dan menarik, meliputi beberapa tema seperti psikologi warna pakaian dan dampak berpakaian pada kepribadianmu.

Apa dampak tersebut? Bagaimana cara kerja psikologi pakaian? Mari kita bedah kekuatan berpakaian bersama-sama.

Berpakaian untuk diri sendiri

Kamu berpakaian untuk diri sendiri atau orang lain? Apapun jawabanmu, mungkin kamu akan terkejut ketika tahu bahwa bagaimana cara kamu berpakaian lebih berdampak pada kamu sendiri daripada orang di sekitarmu.

Survei Molto dengan 12,000 responden oleh Professor Karen J Pine mempelajari ekspresi diri melalui mode atau gaya bepakaian. Dia menemukan bahwa mayoritas orang berpakaian untuk diri sendiri: 61% responden merasa berpakaian modis membuat mereka percaya diri, sedangkan 38% menjawab bahwa berpakaian modis membuat mereka merasa lebih menarik.

Studi psikologi pakaian

Pentingnya mode dalam ekspresi diri sudah diketahui sejak lama. Sebuah studi membandingkan hasil dari mereka yang mengerjakan ujian matematika menggunakan sweater dengan mereka yang menggunakan pakaian renang. Grup yang memakai lebih banyak pakaian mempunyai hasil yang lebih baik secara konsisten [1]. Selebihnya, studi lain pada 2012 menemukan bahwa orang akan lebih lancar mengerjakan tes kecakapan mental ketika memakai jas putih dokter [2]. Aneh tapi nyata.

Apa yang kita kenakan dapat mengubah cara pandang kita – pakaian dapat mempengaruhi tingkah laku dan bahkan produktivitas!

Berpakaianlah sesuai dirimu

Bagaimana cara memaksimalkan psikologi pakaian agar kamu merasa semangat setiap hari? Berikut adalah beberapa tips dan saran:

  1. Selalu kenakan pakaian yang sesuai dengan keinginan kamu sendiri! Jangan pedulikan orang lain. Mode adalah mengenakan pakaian yang sesuai dengan ekspresi diri. Ini tentang kamu sendiri dan bukan pendapat orang lain.
  2. Ketika kamu sudah menyadari kepentingan mode untuk ekspresi diri, kamu juga akan menyadari adanya penghargaan lebih untuk memelihara pakaian-pakaianmu. Mereka adalah barang istimewa yang pantas menerima kasih sayang. Jangan lupa untuk menggunakan produk perawatan pakaian dari Molto agar tetap modis karena produk tersebut ringan namun efektif untuk menjaga bahan pakaian.
  3.  Jangan lupa mengkoleksi beberapa jenis pakaian yang berbeda. Mood akan selalu berganti, jadi mempunyai banyak opsi itu penting untuk mengekspresikan dirimu sesuai mood.

Begitulah tips-tips manjur kami mengenai psikologi pakaian dan ekspresi diri melalui mode. Ingat, maksimalkan kekuatan super pakaian agar selalu termotivasi!

[1] Comfort white paper. Scott, M. J. & Rieley, H. (2018). The impact of look, feel and smell on the wearer’s emotional state. Science & Technology Internal Report, UL 20180214, Unilever R&D.

[2] Comfort white paper. Scott, M. J. & Rieley, H. (2018). The impact of look, feel and smell on the wearer’s emotional state. Science & Technology Internal Report, UL 20180214, Unilever R&D.