Skip to content
lemari pakaian

Daur ulang pakaian kesayanganmu

Semua orang mempunyai beberapa pakaian favorit di lemari mereka, tetapi apa yang terjadi jika sudah mulai bosan? Pikirkan terlebih dahulu bila kamu ingin membuangnya. Dengan kreativitas dan sedikit keterampilan, kamu dapat membuat pakaian lama menjadi keren lagi dan mengubah gayanya dengan drastis sampai kamu jatuh cinta kembali.

Sekarang saatnya mendaur ulang baju kesayangan!!

Ide-ide mendaur ulang pakaian

Kelebihan dari baju daur ulang adalah kamu bisa bebas berimajinasi dan sekreatif mungkin menciptakan pakaian baru karena tidak ada definisi khusus dari ‘baju daur ulang’, jadi kamu dapat mengartikanya sendiri dengan caramu.

Mendaur ulang baju bisa sesederhana memotong bagian yang sobek atau yang ternoda atau seekstrim merobek rok denim dan mengenakannya sebagai atasan (Rihanna saja bisa!)

Berikut adalah beberapa ide yang dapat menyegarkan kembali isi lemari pakaianmu:

  • Punya t-shirt yang kebesaran dan menganggur di lemari? Potong saja untuk membuat beberapa lubang dan pakailah pita untuk membuatnya lebih pas saat dipakai sehingga t-shit terlihat semakin unik.
  • Ubahlah maxi dress menjadi t-shirt dengan modifikasi sederhana. Potong bagian bawah sehingga menyerupai t-shirt biasa atau crop top, kamu juga bisa tambahkan lipatan di bagian pinggang agar terlihat lebih ramping.
  • Jeans cocok dipakai siapapun, namun apabila sudah terlalu tua, mereka bisa berubah menjadi celana pendek lho. Potong untuk jadikan mereka celana capri atau tambahkan efek-efek lusuh kalau memang masih kurang!
  • Punya hak tinggi yang sudah kelewat masanya? Tempelkan stiker warna-warni atau glitter dan semprotkan pernis untuk efek kilau agar tampak baru.
  • Kadang pakaian terasa semakin pendek karena sering dicuci atau karena perubahan bentuk badan. Cari renda-renda dan jahitkan di sisi dalam atasan kamu untuk memperpanjang ukuran dan menambah kesan elegan.
  • Ubahlah t-shirt lamamu menjadi t-shirt favorit baru dengan efek tie-dye. Tidak usah khawatir apabila melakukan kesalahan di sini – hasil t-shirt akan terlihat lebih unik.
  • Ubahlah sweater tebal menjadi penutup kuping dengan modifikasi sederhana. Potong bagian lengan atau bagian tengah untuk dijahit. Tambahkan kapas atau wool untuk membuatnya super hangat.
  • Tambalan atau patch siku merupakan bentuk daur ulang yang klasik, tapi kamu bisa membuatnya lebih menarik lagi! Cari bentuk-bentuk seperti hati atau bintang – atau pakailah t-shirt band yang tua untuk pamer selera musikmu.

Mudah, kan? Ikutilah menyorakkan ’ Kesegaran yang Hidupkan Pakaian Mu!’ karena sekarang kamu tahu bagaimana daur ulang dapat menambahkan nafas dan semangat baru untuk baju-baju kesayangan yang belum siap dipamiti.